Wednesday, 15 July 2015

PENCATATAN DAN PELAPORAN KUSTA



 









UPTD. Puskesmas Ngasem
Kabupaten Kediri
PENCATATAN DAN PELAPORAN KUSTA
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
No. Kode              :          
01/SOP-RPU/NGASEM/2014
No.Revisi              :         
00
Tgl. Mulai Berlaku :
30 September 2014
Halaman               :         
1 dari 5


1.      TUJUAN
Memastikan petugas melakukan pencatatan dan pelaporan Pasien kusta sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Memantau secara kohort Perkembangan Pengobatan Pasien kusta.

2.      RUANG LINGKUP
Tindakan mulai dari mencatat rekam medik penderita,pencatatan di kartu penderita,samai mencatat kartu identitas pasien.

3.      KRITERIA PENCAPAIAN
100%  pelanggan yang positif kusta dapat tercatat dalam buku laporan dan di pantau perkembangannya.

4.      DEFINISI
Pencatatan adalah cara yang dilakukan untuk mencatat data yang penting mengenai pasien kusta. Pelaporan adalah mekanisme yang digunakan untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan kepada instansi yang lebih tinggi.       

5.      URAIAN UMUM
5.1. kusta : sebuah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae
5.2. mekanisme :  pandangan bahwa interaksi bagian-bagian dengan bagian-bagian lainnya dalam suatu keseluruhan atau sistem secara tanpa disengaja menghasilkan kegiatan atau fungsi-fungsi sesuai dengan tujuan
  
6.      PERALATAN
6.1.Rekam medis.
6.2.Kartu penderita kusta
6.3.Kertu identitas penderita
6.4.Register kohort penderita
6.5.Kapas.
6.6.Alkhohol.
6.7.Handscoon.

7.      ALUR PROSES
                
NO
INTRUKSI KERJA
PETUGAS
1
Petugas mencatat rekam medis.
paramedis
2
Petugas mencatat kartu penderita kusta.
paramedis
3
Petugas mencatat kartu identitas penderita kusta.
paramedis
4
Petugas mencatat register kohort penderita kusta.
paramedis

8.     DIAGRAM ALIR

9.     REFERENSI
9.1.   Pedoman pengobatan dasar di Puskesmas Tahun 2007
9.2.   Modul pelatihan program P2 kusta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2010

10.  DOKUMEN TERKAIT
10.1. Rekam Medis
10.2. Register Harian RPU
10.3. Formulir Rujukan Eksternal
10.4. Kertas Resep

11.  RUANG TERKAIT.
11.1.Ruang pemeriksaan Umum.
11.2.Ruang Laboratorium.
11.3.Ruang  Sanitasi.
11.4.Ruang Obat

No comments:

Post a Comment